Apa sih makna Plus pada gerakan 3M Plus??

Masyarakat perlu mewaspadai dan mengantisipasi serangan penyakit DBD dengan menjaga kebersihan lingkungan di dalam rumah maupun di luar rumah, antara lain melalui peningkatan Gerakan Jumat Bersih untuk membrantas sarang dan jentik-jentik nyamuk. Bisa juga sih diganti dengan hari yang lain. Misalnya Gerakan Sabtu bersih atau Minggu Bersih. Untuk penamaannya apa terserah, minimal dalam satu pekan ada kegiatan bersih bersih masal.

Saat ini, pencegahan DBD yang paling efektif dan efisien adalah kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus, yaitu;
1) Menguras,
adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es, dan lain-lain;
2) Menutup,
yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan sebagainya; dan
3) Memanfaatkan
Yaitu memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk vektor DBD.


Plus itu apa sih min?
Adapun yang dimaksud dengan Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan, seperti:

  • Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan
  • Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk bisa berupa obat semprot, obat nyamuk bakar, elektrik maupun lotion anti nyamuk.
  • Menggunakan kelambu saat tidur
  • Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, tapi jangan hanya di Aquarium ya gaes, tapi di setiap tempat tampungan air yang tidak tertutup, dan pastikan ikan dapat hidup dan tidak menjadikan air kotor.
  • Menanam tanaman pengusir nyamuk, bisa berupa lavender, serai wangi, lemon balm, catnip, bawang putih maupun geraium. Cara penanamannya gak harus dalam jumlah besar, bisa di pekarangan rumah maupun dalam pot-pot kecil di dalam rumah.
  • Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah. Pastikan ventilasi rumah terpasang kawat strimin biar nyamuk gak bisa masuk.
  • Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk. Sebisa mungkin pakaian yang digantung berada dalam tempat tertutup, misalkan lemari besar.
  • Dan plus plus yang lain yang penting segala upaya tambahan yang dilakukan untuk memberantas sarang nyamuk.

Jadi makna Plus pada gerakan 3M Plus itu sangat luas. kamu dapat memaknainya sesuai dengan kondisi lingkungan tempat tinggalmu.
Yuk lakukan gerakan 3M Plus