KHASIAT DIBALIK SI MUNGIL BAWANG PUTIH



Bawang putih merupakan tanaman yang sudah sejak lama dikenal oleh manusia. Tanaman yang termasuk umbi-umbian dari famili Alliaceae ini sering digunakan untuk bumbu masakan terutama oleh masyarakat Indonesia. Bawang putih memiliki rasa yang cukup getir ketika dimakan langsung dan sekarang sudah menjadi primadona oleh para ibu-ibu dalam racikan bumbu hampir segala makanan.
Tanaman ini memiliki tinggi 30-75 cm, berbatang semu yang terbentuk dari pelepah-pelepah daun. Akar bawang putih berbentuk serabut-serabut kecil dan berjumlah banyak. Bawang putih pada awalnya tumbuh pada daerah daratan tinggi dan berkembang baik di ketinggian berkisar 200-250 meter di atas permukaan laut. Di Indonesia jenis-jenis tertentu dapat dibudidayakan di daratan rendah.
Tapi tahukah bahwa bawang putih tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk bumbu masakan saja?
Dibalik itu semua ternyata bawang putih memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan kita. Bawang putih sendiri per 100 gramnya memiliki kandungan kimia berupa Alisin 1,5% yang merupakan komponen penting dengan efek antibiotik, Protein sebesar 4,5 gram, Lemak 0,20 gram, Hidrat arang 23,10 gram, Vitamin B 1 0,22 miligram, Vitamin C 15 miligram, Kalori 95 kalori, Posfor 134 miligram, Kalsium 42 miligram, Zat besi 1 miligram, dan Air 71 gram.
Dalam penggunaan medis bawang putih dapat digunakan untuk mengobati penyakit baik penyakit yang menular maupun penyakit yang tidak menular. Dalam artikel ini kita akan menguuraikan penggunaan bawang putih untuk mengobati beberapa contoh penyakit beserta cara pemakaiannya.

Berikut ini uraian contoh penggunaan bawang putih sebagai obat penyembuh atau sebagai pencegahan berbagai macam penyakit:
1.             Penyakit Hipertensi
Bahan yang digunakan 3 siung bawang putih. Cara membuat: bawang putih ditumbuk halus dan diperas dengan air secukupnya, lalu disaring Cara menggunakan: diminum secara teratur setiap hari. Bahan : 2 siung bawang putih. Cara membuat : bawang putih dipanggang dengan api. Cara menggunakan: dimakan setiap pagi selama 7 hari.

2.             Penyakit Asma
batuk (Infeksi Saluran Pernafasan Akut / ISPA) dan masuk angin. Bahan yang digunakan 3 siung bawang putih, 1 sendok makan madu dan Gula batu secukupnya. Cara membuat: bawang putih ditumbuk halus, kemudian dioplos bersama bahan lainnya sampai merata dan diperas/ disaring. Cara menggunakan: diminum setiap pagi sampai sembuh.

3.             Sakit Kepala
Bahan yang digunakan umbi bawang putih 1 siung. Cara membuat yaitu umbi bawang putih ditumbuk halus. Cara menggunakan: untuk kompres pada dahi.

4.             Sakit Kuning (Jaundice Pada Hepatitis), Busung Air dan Sesak Nafas (Penyakit Saluran Pernafasan)
Bahan yaitu 1 umbi bawang putih, 1 potong gula batu sebesar telur ayam. Cara membuat yaitu umbi bawang putih ditumbuk halus, kemudian kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 3 gelas air sampai mendidih dan diaduk sampai merata, dan disaring. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari 2 sendok makan, pagi dan sore.

5.             Ambeien
Bahan yaitu umbi bawang putih. Cara membuat: umbi bawang putih ditumbuk halus, kemudian diperas untuk diambil airnya. Cara menggunakan: dioleskan di sekitar dubur setiap hari.

6.             Sembelit
Bahan yang digunakan yoghurt bawang putih dan bawang merah secukupnya. Cara membuat: kedua bahan tersebut ditumbuk halus, diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur sampai merata dan disaring. Cara menggunakan: diminum biasa.

7.             Luka Memar Karena Tikaman atau Pukulan
Bahan yang digunakan bawang putih dan 1 sendok madu. Cara membuat: bawang putih ditumbuk halus, kemudian diberi 1 sendok madu dan dicampur sampai merata. Cara menggunakan: dioleskan pada bagian yang luka.

8.             Luka Kena Benda Tajam Berkarat
Bahan yaitu umbi bawang putih dan minyak kelapa secukupnya. Cara membuat yaitu umbi bawang putih dibakar, kemudian dicelupkan ke dalam minyak kelapa dan ditumbuk halus. Cara menggunakan: dioleskan pada bagian yang luka.

9.             Mempercepat Matangnya Bengkak Abses atau Bisul
Bahan yang digunakan umbi bawang putih. Cara membuat yaitu umbi bawang putih dipanasi dengan minyak cat, kemudian ditumbuk halus. Cara menggunakan : ditempelkan pada bagian yang bengkak.

10.         Sengatan Serangga
Bahan yang digunakan umbi bawang putih, sendowo dan garam secukupnya. Cara membuat: yaitu umbi bawang putih ditumbuk halus, kemudian dicampur dengan bahan lainnya sampai merata. Cara menggunakan: dioleskan ada bagian tubuh yang disengat serangga.

11.         Mengusir Cacing Kremi dan Cacing Perut
Bahan yang digunakan beberapa siung bawang putih. Cara membuat yaitu dikupas dan dicuci bersih. Cara menggunakan: dimakan langsung.

12.         Sulit Tidur (Insomnia)
Bahan yang digunakan beberapa siung bawang putih. Cara membuat yaitu dikupas dan dicuci bersih. Cara menggunakan: dimakan langsung sebelum tidur.

13.         Diare
Bahan yang digunakan 2 buah bawang putih. Cara membuat yaitu Bawang dipanggang sampai kulitnya menjadi hitam. Kemudian bawang tersebut direbus dengan air secukupnya untuk membuat air ramuan. Cara menggunakan yaitu air ramuan yang sudah dibuat setelah dingin / hangat-hangat kuku dapat langsung diminum.

14.         Paralisis (Kelumpuhan)
Bahan yang digunakan 1 buah bawang putih dan seladri segar 50 gram. Cara membuat yaitu Bahan yang sudah disiapkan ditumpuk sehingga menjadi pasta. Cara menggunakan yaitu pasta dilumurkan pada sisi wjah sekali sehari.

15.         Neurosis Seksual
Bahan yang digunakan bawang putih dalam jumlah yang memadai. Cara menggunakan yaitu Tiga siung bawang putih bersih dimakan ketika makan nasi atau dimakan begitu saja.

Begitu banyak khasiat dari bawang putih sendiri tidak menimbulkan efek samping. Namun perlu di ingat bahwa tidak cukup bagi kita hanya mengonsumsi bawang putih saja dalam menjaga kesehatan. Perlu juga sobat imbangi dengan makan teratur, olahraga rutin, dan istirahat yang cukup.

Sumber:
Untari, Ida. 2010. Bawang Putih Sebagai Obat Paling Mujarab Bagi Kesehatan. Jurnal Kesehatan. Akper Pku Muhammadiyah Surakarta.