Alat yang Sering Digunakan untuk Memeriksa Mata

Foto Fundus
Foto fundus adalah alat yang digunakan untukmelihat dan mendokumentasi gambaran retina, makula, dan papil saraf optik. Alat ini mampu memvisualisasi area retina 30-50 derajat dengan perbesaran 2,5X dengan beberapa modifikasi lensa zoom. Fundus fotografi digunakan untuk mendeteksi, mengevaluasi gejaladan perjalanan penyakit mata

Indikasi
Menndokumentasi kelainan retina seperti Retinopati Diabetika, Degenerasi Makula, Abnormalitas Khoroid, Glaukoma, kelainan saraf optik.
Retcam II

Retcam II
Retcam II merupakan kamera digital khusus yang dapat menampilkan dan merekam gambar retina, makula, saraf optik, dan segmen anterior anak-anak dan bayi prematur khususnya. Dokumentasi data yang baik berguna untuk menganalisa dan merencanakan tindakan yang lebih tepat.

Indikasi
Kelainan segmen posterior (retina) seperti Retinopati Prematuritas, Retinablastoma, (tumor mata), Glaukoma kongenital, Isotrophy retina, Persistent hiperplastic Primary Vitreous (PHPV), dan lain-lain.

Optical Coherence Tomography
Optical Corehence Tomography (OCT) merupakan teknik diagnnosis non invasif yang dapat memberikan innformasi struktur secara detail dari retina dan papil saraf optik. OCT dapat memperlihatkan gambaran histori retina dengan resolusi dan reprodusibilitas yang tinggi. Saat ini penggunaan OCT dapat digunakan untuk menegakkan diagnosis dan monitoring perkembangan penyakit.

Indikasi
Penderita Retinopati diabetika, Age related moscular degeneration, Oklusi arteri/vena retina, Central serous chorioretinopathy, Glaukoma primer, Glaukoma sekunder dan lain-lain.


Humphrey Visual Field Analyzer
Pemeriksaan mengguanakan Humphrey visual Dield Analyzer
Humprey 750i visual Field Analyzer (HFA) adalah salah satu jenis perimeter statistik yang dapat mengukur lapang pandang sentral 10, 20, 24, dan 30 derajat. HFA dengan teknologi baru yang mampu mendeteksi awal glaukoma, mendukung diagnosis dan memandu manajemen yang berkelanjutan.

Indikasi
Mengetahui adanya cacat lapang pandang sentral terutama glaukoma sudut terbuka kronis awal