Dokumentator

          Dibalik layar selalu ada admin, berbeda jika dibalik lensa kamera pastinya ada orang yang selalu hobi dengan dunia fotografi maupun videografi. Kali ini admin ingin memperkenalkan relawan yang hobi banget megang kamera beserta tripodnya, tujuannya sih hanya ingin mendokumentasikan setiap agenda Sekolah edukasi kesehatan yang diselenggarakan oleh tim relawan sahabat sehat. Setiap jepretan kamera pasti ada cerita tersendiri dari para relawan. Nah, pastinya teramat banyak cerita yang bisa disajikan dari setiap hasil jepretan kamera.

           Oke, kali ini admin akan membahas sedikit kinerja dari tim dokumentator, Terlihat dari nama yang disandangnya sudah barang tentu tugasnya sebagai orang yang mendokumentasikan setiap event yang diselenggarakan oleh relawan sahabat sehat. Tugas dokumentator dimulai bukan hanya ketika pelaksanaan kegiatan. Jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan, mereka akan saling berdiskusi dengan Tim Fasilitator terkait perlengkapan tim yang akan digunakan dalam kegiatan sekolah edukasi kesehatan. Peralatan yang seringkali dibutuhkan adalah Banner, poster, cocard dan atribut lain yang berhubungan dengan fotografi dan desain grafis. Loh kok gitu min?. Begini, Tim Dokumentator di dalam relawan sahabat sehat diharuskan untuk bisa desain grafius juga dalam rangka pembuatan atribut perlengkapan kegiatan. Selain itu pula, tim dokumentator juga punya tugas untuk membuat editing hasil dokumentasi baik berupa foto maupun video.

          Bagi tim dokumentator sendiri pastinya hal ini menjadikan pengalaman yang tak ada duanya dan patut untuk dicoba. Berikut Admin suguhkan kutipan ungkapan perasaan dan cerita dari salah satu tim dokumentator:
Saya akan bercerita sedikit tentang pengalaman ketika berada di SD negeri Sompok. Dan pengalaman ini sangat menarik selain ini kali pertama kami dalam tugas lapangan. Saya sebagai bagian dari tim dokumentasi sangat tertantang karena kita harus masuk ke kelas kelas mencari momen yang tepat tanpa harus menarik perhatian siswa dan itu bagi saya cukup berat karena saya masih pemula dan masih banyak kekurangan dalam pengambilan gambar. Tapi pengalaman yang kami dapatkan dari tugas pertama ini sangat berkesan Selain ini tugas pertama kami juga harus terlihat profesional. Mungkin cukup sekian cerita dari saya semoga kedepannya kita bisa lebih baik. Sahabat Sehat!!!!! Bersama Menuju Sehat....

            Gimana nih, tertarik kan menjadi tim dokumentator untuk ikut serta dalam tim relawan sahabat sehat??. Semoga sih semakin banyak dokumentator professional yang ikut serta dalam kegiatan relawan sahabat sehat. Karena tak sekedar melatih Skill / kemampuan belaka, namun menumbuhkan jiwa sosial danpeka terhadap lingkungan sebagai upaya mewujudkan derajat kesehatan yang setinggi – tingginya.
Salam Sahabat Sehat. (Admin)