Lotion Minyak Atsiri Adas Untuk Tolak Nyamuk Demam Berdarah


Halo Sobat Sahabat Sehat😊, taukah tumbuhan adas yang sering kita temui di pekarangan rumah kita memiliki kandungan yang jika kita gunakan untuk lotion bisa untuk menolak nyamuk penyebar penyakit demam berdarah? Terus apa itu penyakit demam berdarah? Bagaimana penularannya? Yuk simak artikel di bawah ini!



Yap, kasus demam berdarah di Indonesia memang sudah cukup lama membuat kekawatiran di masyarakat. Bagaimana tidak melihat dari data Kemenkes RI hingga tanggal 03 Februari 2019 sudah sebanyak 16.692 kasus dengan 169 orang meninggal dunia dan kasus terbanyak ada di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, NTT, dan Kupang.
Penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus yang bernama Flavivirus, virus ini menggunakan vektor nyamuk Aedes aegypti untuk penyebarannya. Sedangkan nyamuk A. aegypti memilik sifat antrofilik yang mana lebih menyukai darah manusia dari pada darah hewan. Hal ini merupakan salah satu faktor meningkatnya penderita demam berdarah pada manusia.
Nyamuk yang sering menggigit kita dalah nyamuk betina, mengapa kok hanya nyamuk betina saja yang membutuhkan darah? Apakah nyamuk jantan tidak membutuhkan darah? Anggapan kita awalnya semua nyamuk memakan darah untuk nutrisinya, kenyataannya ternyata yang sering membuat jengkel kita itu adalah nyamuk betina. Mengapa kok demikian? Karena nyamuk betina memerlukan darah untuk merangsang pembentukan dan pematangan telur mereka, sedangkan si pejantan tidak membutuhkan.
Pada Nyamuk Aedes aegypti yang sudah terinfeksi oleh virus kemampuannya dalam menghisap darah sangat berkurang dan akibatnya si nyamuk tadi akan berusaha berulang-ulang untuk memasukkan alat penusuknya (probosic) ke dalam pori-pori kita dan akan kesulitan dalam menghisap darah, sehingga si nyamuk akan berpindah dari satu orang ke orang lain dengan tusukan yang berulang-ulang. Akhirnya resiko penularan virus menjadi semakin besar pula.
Sebegitu meresahkannya penyakit ini membuat manusia membuat cara-cara untuk mengendalikan nyamuk berdarah ini. Salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan kimia seperti insektisida berbahan aktif DEET, DDP, malathion, parathion dan lain-lain. Bahan-bahan tersebut bukan berarti tanpa efek samping, penggunaannya yang secara terus menerus berdampak buruk terhadap kesehatan manusia, bahkan membuat si nyamuk resisten yang artinya nyamuk akan kebal dan penggunaannya membutuhkan dosis yang lebih tinggi.

Trus kita harus bagaimana?
Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Balai Penelitian tanaman obat dan aromatik bersama balai besar pengkajian dan pengembangan teknologi pertanian, membuat lotion yang bahan aktifnya berasal dari minyak atsiri tanaman adas (Foeniculum vulgare) untuk mengendalikan nyamuk demam berdarah. Dalam penelitian ini dilakukan dua pengujian yaitu uji organoleptic dan uji viskositas. Hasilnya walaupun belum setinggi keefektifannya dari pada lotion yang berbahan kimia sintetik yang beredar di pasaran, lotion anti nyamuk yang berasal dari bahan alami lebih unggul dalam keamanan dan kesehatan bagi penggunanya. Lotion yang beredar dipasaran semua menggunakan bahan aktif DEET dimana bahan aktif ini bersifat racun dan membahayakan bagi pengguna terlebih bagi anak-anak apabila penggunaannya kurang tepat.
Tumbuhan adas sebenarnya merupakan tanaman yang penggunaanya dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masak, lalapan, obat herbal tradisional,dam juga sebagai bahan obat gosok untuk masuk angin. Tanaman ini banyak tumbuh di dataran tinggi, baik dibudidayakan maupun tumbuh liar atau mungkin hanya ditaman di pinggiran sebagai tanaman pelengkap dengan tidak memerlukan pemeliharaan yang intensif.

Nah, bagaimana sobat Sahabat Sehat, tertarik membudidayakan tanaman adas? Semoga bermanfaat bagi sobat sekalian ya, dan ketemu di artikel selanjutnya…. Bye bye >0<

Sumber:
POTENSI ADAS (Foeniculum vulgare) SEBAGAI BAHAN AKTIF LOTION ANTI NYAMUK DEMAM BERDARAH ( Aedes aegypti )
Agus Kardinan dari Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik dan Azmi Dhalimi dari Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian
Jl. Tentara Pelajar No. 3 Bogor 16111